Banjir Merendam Sebagian Kawasan Barat-Selatan Aceh

Banjir di Aceh Barat dan Aceh Jaya meluas. Di Aceh Barat, sedikitnya enam kecamatan mulai terendam dalam waktu yang relatif singkat. Jumlah desa yang terendam banjir di enam kecamatan itu berjumlah 36 desa dengan ketinggian air rata-rata mencapai 20 hingga 80 sentimeter.


Enam kecamatan yang dilanda banjir meliputi Pante Ceureumen, Kaway XVI, Woyla Barat, Arongan Lambalek, Meureubo dan Johan Pahlawan. “Jumlah korban sedang di data,” kata Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Barat, Mashuri, Selasa, 28 Juli 2020.

Banjir yang terjadi di enam kecamatan itu, kata Mashuri, disebabkan luapan air Krueng Meureubo dan Krueng Woyla karena curah hujan tinggi dalam dua hari terakhir. Namun tidak warga mengungsi. Saat ini, titik pengungsian hanya terjadi di Desa Pasi Pinang.

Di Aceh Jaya, banjir merendam puluhan desa di Aceh Jaya dengan ketinggian mencapai 1 meter. Sejumlah personil TNI Kodim 0114/Aceh Jaya terlihat berjaga-jaga di sejumlah lokasi untuk membantu warga penyintas.

"Sejak awal, kami siaga dan memantau lokasi yang selama ini rawan banjir," kata Dandim 0114/Aceh Jaya Letkol Czi Arief Hidayat. Arief mengatakan banjir menyebabkan akses transportasi di sejumlah desa terputus. Sebagian warga, kata Arief, memilih bertahan di rumah masing-masing.

Jajaran Kodim 0114/Aceh Jaya, bersama pihak terkait, kata Arief, siap membantu warga apabila kondisi banjir semakin parah.