Hari Ini, Sebagian Masyarakat Nagan Raya Laksanakan Salat Idul Adha

Takbir menggema di Masjid Pelekung. Usai salat subuh, ribuan orang mulai memadati masjid yang berada di Kecamatan Seunagan Timur, Nagan Raya. Hari ini, Kamis, 30 Juli 2020, mereka melaksanakan salat Idul Adha.


Bagi sebagai warga Nagan Raya, Idul Adha datang lebih cepat. Selain di Peuleukung, ibadah salat ied juga dilaksanakan di beberapa lokasi lain, seperti di Kecamatan Seunagan dan Kecamatan Kuala.

Di Masjid Peuleukung, salat Idul Adha dipimpin oleh Abu Said Kamaruddin dan khutbah disampaikan oleh Teuku Raja Keumangan. Di pintu masuk, panitia pelaksanaan salat membagikan masker kepada jamaah.

"Pembagian masker untuk para jamaah ini, mengikuti protokol kesehatan seperti yang dianjurkan anjuran pemerintah, dalam melakukan pencegahan Covid-19," kata Abu Said.

Jamaah, kata Abu Said, juga datang dari daerah luar Nagan Raya. Idul Adha ini adalah perayaan Idul Adha pertama setelah Abu Habi Qudrat, mursyid utama Tarekat Syattariah ajaran Abu Habib Muda Seunagan, wafat.

Tarekat Syattariyah adalah aliran dalam Islam yang pertama kali muncul di India pada abad ke-15. Seperti dikutip dari wikipedia, tarekat ini dinisbahkan kepada tokoh yang memopulerkan dan berjasa mengembangkannya, Abdullah asy-Syattar. Awalnya tarekat ini lebih dikenal di Iran dan Transoksania dengan nama Isyqiyah.

.