3.127 Jemaah Haji Aceh Sudah Berada di Arab Saudi

Jemaah haji asal Aceh di Madinah. Foto: ist.
Jemaah haji asal Aceh di Madinah. Foto: ist.

Sebanyak 3.127 jemaah haji Aceh sudah berada di Madinah, Arab Saudi. Para jemaah ini berasal dari kelompok terbang (kloter) 01-BTJ hingga 08-BTJ Embarkasi Aceh.


Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari, menyebut bahwa penambahan jumlah jemaah haji itu menyusul ketibaan jemaah kloter 08-BTJ di Madinah pada Rabu, 31 Mei 2023.

Dia mengatakan, jemaah haji kloter 08-BTJ berjumlah 391 orang terdiri dari 169 jemaah laki-laki dan 222 jemaah perempuan, yang semuanya berasal dari Kabupaten Aceh Utara. Mereka juga didampingi 5 petugas kloter dan 3 Pemandu Haji Daerah (PHD).

“Jemaah haji kloter 8 sudah tiba di Madinah. Maka total jemaah haji Aceh di Arab Saudi berjumlah 3.127 jemaah,” kata Azhari kepada Kantor Berita RMOLAceh, Rabu, 31 Mei 2023.

Menurutnya, semua jemaah haji tersebut diterbangkan ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, dengan maskapai Garuda Indonesia. 

“Jemaah haji kloter 8 tiba di Bandara Internasional Prince Muhammad bin Abdulaziz (MED) Madinah, pukul 10.12 Waktu Arab Saudi (WAS),” jelas dia.

Azhari menuturkan, ada empat jemaah haji yang tidak diberangkatkan ke Madinah bersama kloter 08-BTJ. Tiga jemaah diantaranya ditunda berangkat lantaran sakit dan dinyatakan belum layak terbang oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Sedangkan, satu orang jemaah haji lainnya ditunda berangkat karena persoalan dokumen. Keempat jemaah ini akan diterbangkan ke Arab Saudi bersama kloter selanjutnya.

"Kalau sudah dinyatakan layak terbang oleh KKP akan diberangkatkan bersama jemaah kloter lain," ujar Kakanwil Kemenag Aceh ini.

Dia menambahkan, ada dua jemaah haji yang mutasi masuk ke kloter 08-BTJ atas nama Firdawati dari Kabupaten Aceh Selatan, yang sebelumnya ditunda terbang bersama kloter 07-BTJ.

“Kemudian satu lagi Halimah Usman dari Lhokseumawe yang sebelumnya ditunda berangkat bersama kloter 04-BTJ,” kata Azhari.