83.409 Kenderaan Diprediksi Melintas di Tol Sibanceh saat Lebaran

Gerbang Tol Blang Bintang. Foto: Hutama Karya.
Gerbang Tol Blang Bintang. Foto: Hutama Karya.

PT Hutama Karya (HK) memprediksikan sebanyak 83.409 kenderaan melintas di jalan Tol Sigli- Banda Aceh (Sibanceh) saat libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Diprediksi arus mudik dan arus balik terjadi pada 3 April hingga 18 April 2024.


"Kita memprediksi selama periode arus mudik dan arus balik lebaran dari tanggal 3 April sampai 18 April 2024 volume kendaraan yang melintas Jalan Tol Sibanceh sejumlah 83.409 kenderaan," kata Branch Manager Ruas Tol Sibanceh, Totok Masyadi kepada Kantor Berita RMOLAceh, Selasa, 2 April 2024.

Totok menyebutkan peningkatan lalu lintas terjadi sebanyak 75 persen dibandingkan lalu lintas normal pada tahun 2024. Adapun lalu lintas normal hanya 2.978 kenderaan yang melintas.

Totok juga memprediksi puncak arus mudik terjadi pada Jum'at, 5 April 2024. Di mana akan ada sebanyak 5.425 kenderaan yang melintas.

"Sementara arus balik hari Sabtu tanggal 13 April 2024 sebanyak 6.720  kenderaan yang melintas," sebutnya.

Kata Totok, ada dua gerbang tol (GT) yang ramai dilintasi oleh kenderaan. Yaitu GT Seulimum dan GT Blang Bintang.

Kemudian, Totok juga mengimbau kepada masyarakat dapat selalu memastikan kecukupan saldo e tol nya sebelum memasuki jalan tol. Agar tidak terjadi antrian panjang.

"Karena antrian di gerbang tol bukan disebabkan oleh lamanya transaksi di gerbang tol akan tetapi akibat kurangnya saldo uang elektronik dari pengguna," kata Totok.

Kemudian, kata Totok pihaknya juga menyediakan top up di booth dan asongan bila terjadi antrian. Dan juga untuk mempercepat transaksi petugas akan membantu taping e-tol.