Air Terjun Silelangit, Surga Tersembunyi

Air Terjun Silelangit. Foto: Disbudpar Aceh
Air Terjun Silelangit. Foto: Disbudpar Aceh

Aceh memiliki pesona wisata yang menakjubkan. Tak hanya itu, keragaman budaya juga menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Aceh baik lokal maupun mancanegara.


Memilih Aceh untuk berwisata adalah pilihan tepat, karena Aceh menawarkan sejumlah spot-spot wisata unik dan menarik. Begitu juga kulinernya yang menggoda lidah dan keramahan warganya yang hangat.

Provinsi di ujung Pulau Sumatera ini memiliki beragam tempat wisata, mulai dari wisata bahari sampai wisata alam, dan itu semua tersedia di Aceh.

Salah satu spot wisata alam yang menarik dikunjungi adalah Air Terjun Silelangit di Kota Subulussalam. Objek wisata alam yang masih alami ini bisa menjadi alternatif liburan akhir pekan.

Air Terjun Silelangit ini menyuguhkan penorama yang begitu indah dan masih sangat asri. Kontur air terjun yang bertingkat-tingkat dengan air yang sangat jernih tersebut dikelilingi oleh hutan tropis yang begitu sejuk dan asri.

Ditambah lagi bebatuan besar yang membuat lokasi wisata air terjun ini terlihat indah dan menarik. Sehingga pengunjung mau berlama-belama di kawasan objek pemandian tersebut.

Masyarakat Subulussalam sering menyebutnya dengan nama Air Terjun Silangit-langit atau lebih dikenal Air Terjun Silelangit. Potensi wisata alam ini berada di Kampong Singgersing, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam.

Meski menawarkan panorama yang indah, tetapi tempat wisata air terjun ini belum banyak yang mengetahui, lantaran ekowisata ini masih baru. Lokasinya pun berada di pedalaman Singgersing.

Seperti diketahui, Air Terjun Silelangit, Subulussalam juga masuk sebagai salah satu nominasi diantara 12 nominasi lainnya di Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021 dengan untuk kategori Destinasi Baru dengan kode 17A.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Aceh menargetkan provinsi paling barat Indonesia ini keluar sebagai juara umum dalam ajang bergengsi tersebut. Sehingga, pemerintah mengajak masyarakat untuk terus mendukung dan merawat potensi wisata alam yang ada di wilayahnya masing-masing.

Rute menuju tempat wisata air terjun ini juga terbilang tidak mudah. Dari pusat Kota Subulussalam perjalanan melalui transportasi darat dengan jarak tempuh sekitar 23 Km. 

Kemudian menuju dermaga perahu di pinggir lintas jalan nasional Kampong Singgersing dan dilanjutkan dengan transportasi sungai menggunakan perahu tradisional sekitar satu jam memyusuri sungai Singgersing ke tempat lokasi air terjun.

Selama perjalanan menyusuri sungai, pengunjung tak akan merasa bosan, karena disuguhkan dengan pemandangan pinggir sungai yang memanjakan mata dengan keasrian hutan alami dan rimbunnya dedaunan serta kicauan burung yang saling bersautan.

Hawa udara dingin juga mulai terasa ketika perahu mendekati dermaga dekat dengan lokasi wisata Air Terjun Silelangit. Hamparan sungai dan pepohanan dan hutan hijau seakan mampu melepas penat selama perjalanan.

Sesampai di lokasi air terjun ini, pengunjung bisa langsung menceburkan diri ke dalam sungai yang airnya sangat dingin.  Berendam dengan suasana alam yang alami membuat pengunjung tak mau pulang lebih cepat.

Walaupun ekowisata ini masih terbilang baru, saat berada dilokasi air terjun pengunjung bisa menikmati alam yang masih sangat asri dan natural dengan menawarkan pemandangan panorama air terjun yang indah dan hutan tropis.

Selain itu juga sarana dan prasana memang belum ada dilokasi air terjun, sehingga masih sangat terkesan dengan alam bebas yang begitu alami. Air Terjun Silelangit merupakan ekowisata unggulan di Kota Subulussalam. 

Oleh karena itu pengunjung harus membawa bekal sendiri jika ingin berlama-lama di sana. Lokasi wisata air terjun ini juga sangat cocok untuk spot berkemah menikmati suasana alam dimalam hari bersama kerabat.

Air terjun Silelangit menjadi salah satu objek wisata yang diincar wisatawan jika tiba di Kota Subulussalam. Hal tersebut karena air terjun ini merupakan surga tersembunyi di kota berjulukan Bumi Syekh Hamzah Fansuri itu.

Salah satu pengunjung, Kurniawan Jabat, meyampaikan Air Terjun Silelangit merupakan potensi alam Kota Sada Kata yang sangat indah, alami, dan asri. Sehingga lokasi ini bisa menjadi daya tarik para wisatawan berkunjung.

"Saya pribadi cukup puas dengan keindahan Air Terjun Silelangit ini. Lokasinya masih alami, airnya dingin dan cocoklah untuk liburan," kata Kurniawan Jabat kepada Kantor Berita RMOLAceh, Sabtu, 26 September 2021.

Menurut putra asli Subulussalam ini, akses menuju ke objek wisata air terjun itu sangat sulit. Ia mengatakan, untuk mencapai air terjun maka harus berjalan kaki di tengah sungai dengan kedalaman selutut hingga sampai pinggang.

Kondisi ini, kata Kurniawan sangat membahayakan pengunjung luar yang datang. Namun pilihan terbaik menuju ke air terjun itu adalah dengan perahu tradisional masyarakat  sekitar.

"Kalau saya pribadi, karena laki-laki memang suka dengan akses seperti itu. Tantagannya dapat dan bisa menguji adrenalin juga," ujarnya.

Owner Subulussalam (SBS) Parfum ini, menuturkan sesampainya di kawasan wisata air terjun tersebut, rasa lelah pengunjung selama di perjalanan akan hilang saat menyaksikan aliran air yang jatuh dari bebatuan bertingkat-tingkat sungguh menakjubkan.

"Jadi memang, ketika sampai di lokasi Air Terjun Silelangit ini rasa lelah kita akan terbayarkan dengan pesona air terjun dan panorama alam yang masih alami," kata Kurniawan.

Nah, jika berkunjung ke Kota yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara ini, wajib mencoba destinasi baru wisata Air Terjun Silelangit, surga tersembunyi yang menjadi nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2021.