Antisipasi Kecurangan, Polres Aceh Selatan Cek Tera Sejumlah SPBU

Polres Aceh Selatan melakukan pengecekkan di salah satu SPBU yang ada di Aceh Selatan. Foto: Dok Polres Aceh Selatan.
Polres Aceh Selatan melakukan pengecekkan di salah satu SPBU yang ada di Aceh Selatan. Foto: Dok Polres Aceh Selatan.

Personel Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Aceh Selatan melakukan pengecekan tera (timbangan) sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten setempat, Senin, 1 April 2024 kemarin. Salah satunya SPBU Blang Mon Wahana I Aceh Selatan.


"Pengecekan tera ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya penyimpangan dalam penjualan bahan bakar oleh pihak SPBU yang dapat merugikan masyarakat," kata Kasi Humas Polres Aceh Selatan, AKP Adam Sugiarto, Selasa, 2 April 2024.

Adam mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk menjaga kejujuran dan kepercayaan dalam transaksi jual beli bahan bakar di SPBU. Pihak SPBU diimbau untuk memastikan bahwa timbangan yang digunakan untuk mengukur volume bahan bakar kepada konsumen sudah terkalibrasi dengan benar sesuai standar yang ditetapkan.

"Berdasarkan hasil wawancara dengan petugas SPBU, pompa Nozzle telah ditera ulang pada bulan Desember 2023 dan pengukuran tera dilakukan dalam setahun satu kali," kata Adam.

Dalam proses pengecekan tera, personel Sat Reskrim Polres Aceh Selatan bekerja sama dengan pihak terkait, untuk memastikan bahwa setiap transaksi jual beli bahan bakar di SPBU dilakukan secara transparan dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini dilakukan demi menjaga kepercayaan dan kepuasan konsumen serta mencegah terjadinya kerugian akibat penyalahgunaan atau penyimpangan dalam penjualan bahan bakar.

"Kegiatan ini bertujuan melindungi hak dan kepentingan masyarakat melalui tindakan preventif dan penegakan hukum yang tegas terhadap praktik-praktik yang merugikan konsumen," ujar Adam.

Dari hasil pengecekan pada mesin dispenser, Adam mengatakan semua mesin dispenser dalam keadaan masih tersegel dan berdasarkan hasil pengecekan jumlah BBM yang dikeluarkan sama dengan jumlah harga yang dikeluarkan. Pihak SPBU juga akan menghubungi pihak meteorologi apabila ada kendala terkait dengan mesin pompa dispenser untuk dilakukan perbaikan.

"Dengan adanya kegiatan pengecekan tera yang dilakukan secara berkala oleh personel Sat Reskrim Polres Aceh Selatan, diharapkan dapat tercipta lingkungan bisnis yang lebih adil dan terpercaya bagi masyarakat di wilayah hukum Polres Aceh Selatan," kata Adam.

Masyarakat, kata Adam juga diimbau untuk tetap waspada dan melaporkan segala bentuk penyimpangan atau penyalahgunaan yang mereka temui di SPBU maupun tempat usaha lainnya kepada pihak berwenang agar dapat segera ditindaklanjuti.