Artidjo Alkostar Dimakamkan di Yogyakarta

Artidjo Alkostar. Foto: RMOL.
Artidjo Alkostar. Foto: RMOL.

Jenazah Artidjo Alkostar, anggota Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tiba di Yogyakarta. Dia akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Universitas Islam Indonesia (UII).


Juru bicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri, mengatakan jenazah Artidjo diberangkatkan dari Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Ahad malam lalu, sekitar pukul 20.00 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 03.00 WIB.

"Jenazah akan langsung disemayamkan di Auditorium Prof. Abdul Kahar Muzakkir Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII)," ujar Ali seperti dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Senin, 1 Maret 2021.

Pada pukul 10.00 WIB nanti kata Ali, jenazah almarhum Artidjo akan dimakamkan oleh pihak Rektorat UII yang sebelumnya akan disholatkan di Masjid Ulil Albab UII. Ali mengatakan bahwa pimpinan KPK, ketua dan anggota Dewas KPK, serta beberapa pejabat struktural KPK lainnya, diagendakan hadir dalam prosesi pemakaman tersebut.

Menteri Koordinator Hukum dan HAM, Mahfud Md, mengatakan Artidjo meninggal dunia akibat komplikasi penyakit yang dideritanya. Penyakit ini sejak lama diidap Artidjo. 

“Beliau mempunyai komplikasi ginjal, jantung, dan paru-paru. Tapi bukan Covid-19. Karena dokter merekomendasi tidak di rumah sakit," kata Mahfud. 

Mahfud juga mengatakan tidak ada perintah dari dokter untuk mengikuti protokol khusus dalam mempersiapkan pemakaman Artidjo. Artidjo yang wafat di usia ke-72 tahun itu.