Buka Muktamar NU, Jokowi Puji Peran Ulama di Tengah Pandemi Covid-19

Presiden Joko Widodo membuka Muktamar NU ke-34 di Lampung. Foto: RMOLLampung.
Presiden Joko Widodo membuka Muktamar NU ke-34 di Lampung. Foto: RMOLLampung.

Presiden Joko Widodo membuka Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama di Lampung. Mengenakan jasm berpeci dan bersarung, Jokowi juga memuji peran para ulama selama pendemi Covid-19.


"Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi ini, saya secara resmi membuka Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU)," kata Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Rais Aam PBNU Miftahul Akhyar, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi, di Ponpres Darussa'adah, Gunung Sugih, Lampung Tengah, 22 Desember 2021. 

Seperti dikutip dari Kantor Berita RMOLLampung, Muktamar ke-34 NU kali ini bertema Menuju Satu Abad NU: Membangun Kemandirian Warga untuk Perdamaian Dunia. Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan apresiasi kepada NU, khususnya para kiai dan ulama, yang membantu pemerintah mengampanyekan protokol kesehatan dan program vaksinasi. 

Jokowi mengatakan banyak masyarakat awalnya menolak untuk divaksin, namun atas peran ulama NU, pandangan itu berubah. Keberhasilan Indonesia melewati puncak pandemi pada pertengahan Juli lalu, kata Jokowi, juga tidak terlepas dari dukungan NU.