Cegah Pelanggaran, Panwaslih Aceh Bangun Konsolidasi

Ilustrasi. Foto: Net.
Ilustrasi. Foto: Net.

Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh bangun konsolidasi secara masif untuk mencegah terjadi kecurangan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Kecurangan kerap terjadi saat pesta demokrasi digelar.


"Tentu dalam upaya melakukan guna memberikan pemahaman yang kuat dalam membangun soliditas, integritas dan profesional," kata Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubal Panwaslih Aceh, Marini, kepada Kantor Berita RMOL Aceh, Sabtu, 18 Juni 2022. 

Menurut Marini, Pemilu 2024 mendatang merupakan perhelatan dengan kompleksitas yang besar. Kesiapan pengawasan tersebut akan berkoodinasi dengan seluruh lembaga terkait dalam pelaksanaan pemilu.

Panwaslih Aceh, kata dia, memiliki kapasitas tentang peraturan dalam pemahaman peraturan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Yakni, terkait pengawasan, penanganan pelanggaran dan penyelesaian sangketa tahapan pemilu. 

"Apalagi terjadi persidangan. Jika ada partai politik merasa di rugikan atas lahirnya putusan yang di keluar oleh KIP (Komisi Indpenden Pemilihan) seluruh kabupaten kota nantinya," kata dia. 

Marini berharap, pencegahan pelanggaran tahapan pemilu dapat berjalan dengan optimal. Dia juga meminta masyarakat Aceh untuk berpartisipasi dalam melakukan pengawasan demi mewujudkan pemilu yang berintegritas dan bermartabat.