Demokrat Aceh Pastikan Dua Kursi di Senayan

Muslim dan Teuku Riefky Harsya. Foto: RMOLAceh/Dokumentasi Demokrat.
Muslim dan Teuku Riefky Harsya. Foto: RMOLAceh/Dokumentasi Demokrat.

Partai Demokrat Aceh memastikan dua kursi di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Senayan, Jakarta. Hal itu berdasarkan hasil rekapitulasi Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Aceh.


Ketua Balitbang DPD Partai Demokrat Aceh, Iswadi, menjelaskan raihan dua kursi itu dipastikan oleh Teuku Riefky Harsya dan Muslim, yang meraih suara tertinggi pada masing-masing daerah pemilihan. Data C1 yang masuk, kata dia, sudah mencapai 81 persen hingga, Ahad, 18 Februari 2024.


"Dari real count C1 malam ini, Demokrat untuk DPR RI Aceh-1 Insya Allah aman pada kursi ke tiga dari tujuh kursi. Dengan perolehan suara badan tertinggi di internal Demokrat pada caleg nomor urut satu, Teuku Riefky Harsya. Adapun, di Dapil Aceh II, Muslim aman pada posisi kursi ke 5 dari 6 kursi," kata Iswadi, dalam keterangan tertulis.

Iswadi menjelaskan saat ini Partai Demokrat Aceh telah menyiapkan dua saksi untuk mengawal proses rekapitulasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 289 titik se-Aceh.

Demokrat Aceh, kata dia, akan mengawal ketat kinerja para saksi yang bertugas dan akan bertindak tegas terhadap saksi yang tidak dsiplin dalam menjankan tugasnya.

Iswadi menegaskan di tengah tidak sinkronnya data perhitungan suara C1 secara Nasional pada aplikasi Sirekap (sistem informsi rekapitulasi), Partai Demokrat Aceh tetap akan berpegangan pada data C1 yang telah dikumpulkan berjenjang oleh struktur partai.

"Tim Advokasi Hukum Partai Demokrat juga turut terlibat dalam mengawal suara pada setiap tahapan baik di Kecamatan, kabupaten kota, provinsi hingga ke pusat," kata Iswadi.