DPR Aceh Imbau Masyarakat Tidak Ugal-Ugalan saat Mudik Lebaran

Ilustrasi angkutan mudik lebaran. Foto: RMOLAceh.
Ilustrasi angkutan mudik lebaran. Foto: RMOLAceh.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh mengimbau masyarakat yang melakukan mudik untuk tidak ugal-ugalan di jalan raya. Hal ini untuk meminimalisir angka kecelakaan pada arus mudik tahun ini.


"Kita harapkan juga kepada masyarakat yang melakukan mudik jangan ugal-ugalan, harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Jangan balap-balapan di jalan," kata Ketua Komisi V DPR Aceh, M Rizal Falevi Kirani, kepada Kantor Berita RMOLAceh di Banda Aceh, Senin, 1 April 2024.

Falevi memperkirakan arus mudik tahun ini akan meningkat. Oleh karena itu, ia meminta Pemerintah Aceh bersama stakeholder terkait untuk memantau arus mudik dengan ketat, termasuk menyediakan pos pengamanan dan pelayanan kesehatan di jalur mudik.

"Kita harapkan kepada Pemerintah Aceh terutama sekali Dinas Kesehatan soal ketersediaan ambulance di jalur mudik," ujarnya.

Falevi juga meminta pihak kepolisian untuk memberikan edukasi kepada masyarakat yang hendak melakukan mudik agar tidak balap-balapan dan mematuhi aturan lalu lintas.

"Setiap tahun memang angka kecelakaan meningkat dan kita harapkan melalui edukasi ini, kepada pengguna jalan raya sehingga mereka tetap mematuhi lalu lintas," sebutnya.

Dia berharap, persiapan yang matang dari pemerintah akan memberikan keamanan bagi masyarakat yang melakukan mudik. Sehingga angka kecelakaan pada mudik lebaran tahun ini bisa bisa menurun.

"Mudah-mudahan arus mudik lebaran tahun ini berjalan lancar dan pemudik sampai ke kampung halaman dengan selamat," katanya.