Dua Rumah Terbakar di Jalan Jenderal Sudirman Banda Aceh

Warga Gampong Geuceu Iniem menyaksikan asap tebal akibat kebakaran di kampung mereka. Foto: ist.
Warga Gampong Geuceu Iniem menyaksikan asap tebal akibat kebakaran di kampung mereka. Foto: ist.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh, Rizha, mengatakan pihaknya berhasil memadamkan kebakaran di dua rumah di Jalan Jenderal Sudirman 1, Gampong Geuceu Iniem, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh. Tidak ada korban dalam insiden ini.


“Kami mengerahkan 5 armada pemadam. Api dapat dipadamkan dan saat ini sedang dalam proses pendinginan,” kata Rizha, Sabtu, 20 Februari 2021.

Syamsudin, pemilik rumah, mengatakan saat insiden itu terjadi, dia tidak berada di rumah. Menurut keterangan anaknya, api muncul dari kamar kosong tempat penyimpanan barang-barang yang tidak terpakai.

Syamsuddin memperkirakan terjadi korsleting listrik dari kamar kosong tersebut. Saat api membakar rumah Syamsudin kemudian menjalar dengan cepat ke rumah Khairiah yang berdampingan. Angin kencang membuat api cepat merayap dan iktu membakar rumah lain.

Peristiwa kebakaran itu cepat diketahui. Anggota keluarga dari dua rumah itu panik dan meminta bantuan warga sekitar untuk memanggil pemadam kebakaran. Api segera dapat dipadamkan. Proses pemadaman dan pengamanan di sekitar lokasi kebakaran melibatkan warga, dibantu petugas PLN, Polsek Banda Raya dibantu Polresta Banda Aceh, relawan ERPA, RAPI dan Koramil setempat. 

"Tidak ada korban jiwa dan penyebab kebakaran diduga korsleting listrik. Namun untuk pengembangan selanjutnya masih dalam penyelidikan pihak kepolisian" ujar Rizha.