Fadilah Puasa II

Ilustrasi: RMOLAceh.
Ilustrasi: RMOLAceh.

ALHAMDULILLAH. Hari ini kita memasuki hari kedua Ramadan. Adapun fadhilah puasa pada hari kedua adalah Allah mencatat semua pahala dari semua ibadah kita. 

Allah akan menjadikan pahala ibadah pada hari ini sebagaimana ibadah kita satu tahun, Allah juga akan menyetarakan pahala ibadah kita dengan ibadah para nabi. Allah menjadikan puasa kita pada hari ini laksana kita berpuasa satu tahun.

Masyaallah, begitu kebaikan Allah untuk hambanya. Hanya orang orang sombong dan yang tidak mau mengerti akan jati dirinya, maka dia tidak mau beribadah kepada Allah. 

Kalau kita bandingkan dengan nikmat yang Allah berikan kepada manusia, maka sungguh tidak sebanding dengan apa yang sudah kita lakukan selama ini. 

Padahal hakikat penciptaan manusia adalah semata-mata untuk beribadah kepada Allah. Sebagaimana firman Allah dalam Alquran yang artinya, “Tidak aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku.” (Azzariyat ayat 56).

Sehubungan dengan hal yang demikian, marilah pada hari yang kedua di bulan Ramadan ini kita memperbanyak muhasabah (renungan). Agar terbangun jiwa kita dari tidur yang panjang. Melahirkan semangat untuk memprioritaskan tugas kita sebagai hamba Allah. Melakukan amal ibadah sebagai sebuah konsekuensi yang tidak boleh luput, baik ibadah sunat wa bil khusus ibadah wajib. Memperbanyak doa dan ikhtiar agar Allah selalu memberikan taufik dan hidayah. Insyaallah. 

Doa pada hari kedua: Ya Allah, dekatkanlah aku kepada keridhaan Mu, dan jauhkanlah aku dari kemurkaan serta balasan Mu yang tidak baik. Berikanlah aku kemampuan untuk membaca ayat-ayat Mu, wahai Maha Pengasih dari semua pengasih. Amin.

| Penulis adalah Pimpinan Pesantren Mishrul Huda Malikussaleh, Banda Aceh.