Falevi Kirani Tantang Miswar Fuady, "Kantor DPP PNA Buka 24 Jam"

Muhammad Falevi Kirani. Foto: ist.
Muhammad Falevi Kirani. Foto: ist.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nanggroe Aceh (PNA), M Rizal Falevi Kirani, menyebutkan rapat pleno pergantian pengurus PNA kubu Irwandi Yusuf yang digelar Senin lalu ilegal. Falevi juga menyebut Miswar membuat PNA seperti perusahaan pribadi.


Menurut Falevi Kirani, rapat pleno tersebut tidak dihadiri Ketua Bidang Organisasi Kaderirasi dan Keanggotaan (OKK) PNA, Tarmizi. Padahal agenda sepenting pergantian pengurus wajib diketahui oleh Tarmizi.

"Dia Ketua OKK, dan beliau juga tidak diundang," kata Falevi Kirani kepada Kantor Berita RMOLAceh, Selasa, 11 Oktober 2021.

Terkait adanya pembahasan isu bakal ada pergantian antarwaktu bagi anggota fraksi PNA DPR Aceh dalam rapat pleno kemarin, kata Falevi, hal itu merupakan isu lama yang terus dibicarakan. "Kami (Falevi dan Samsul Bahri alias Tiyong) sebelum dilantik sudah di-PAW, apa PAW lagi?" ujar Falevi tergelak.

Dewan Pimpinan Pusat Partai Nanggroe Aceh (DPP PNA) kubu Irwandi Yusuf menggelar rapat pleno, Senin kemarin melalui virtual (zoom). Hal itu sesuai dengan surat undangan yang dikirimkan kepada pengurus tertanggal 6 Oktober 2021, bernomor 582/DPP-PNA/X/2021. Surat itu diteken Ketua Umum, Irwandi Yusuf dan Sekretaris, Miswar Fuady.

Dalam surat itu ada dua agenda dalam rapat pleno tersebut, yakni pengesahan pemberhentian dan pengangkatan penggantian pengurus PNA, dan hal-hal lain yang dianggap perlu.

Menurut Ketua Komisi V DPR Aceh ini, rapat pleno PNA yang digelar kemarin hanya ingin menjadikan PNA sebagai perusahaan pribadi Miswar Fuady. "Suka-suka dia buat rapat. Entah di mana (rapatnya) enggak tahu (saya)," ujar Falevi.

Selain itu, kata Falevi, DPP PNA juga tidak mengetahui adanya rapat pleno pergantian pengurus yang dilaksanakan PNA kubu Irwandi. Bahkan, pihaknya belakangan tahu dari berita di media. Falevi mengatakan jika memang ada niat ingin membesarkan PNA, kubu Irwandi dipersilakan datang ke kantor DPP PNA. “Kantor DPP PNA terbuka 24 jam.”