Gempa Bumi 5,3 Skala Richter Guncang Banda Aceh

Ilustrasi: net.
Ilustrasi: net.

Gempa bumi berkekuatan 5,3 skala richter menggetarkan Banda Aceh, Jumat, 30 April 2021, pukul 23.43 WIB. Gempa ini juga dirasakan oleh warga Aceh Besar dan Aceh Jaya.


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa berada pada posisi 5.14 lintang utara, 94.46 bujur timur dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Adapun lokasi gempa berada pada 106 kilometer barat daya Kota Banda Aceh, 126 kilometer barat daya Kota Sabang, 128 kilometer barat daya Jantho, dan 136 kilometer barat laut Calang.

Kepala BMKG Aceh, Djati Cipto Kuncoro mengimbau kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," kata Djati dalam siaran persnya, Sabtu dinihari.

Gempa bumi ini tidak menimbulkan kepanikan. Sejumlah warung kopi tetap beroperasi seperti biasa dengan berbagai macam pengunjungnya. Di kawasan permukiman juga tidak terlihat kepanikan.