Gubernur Aceh Kirim Dua Ekor Sapi untuk Meugang Warga Korban Gas Medco

Muhammad Mada menyerahkan sapi untuk meugang kepada warga Gampong Rayeuk di pengungsian. Foto: ist.
Muhammad Mada menyerahkan sapi untuk meugang kepada warga Gampong Rayeuk di pengungsian. Foto: ist.

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menyerahkan bantuan dua ekor sapi kepada warga Gampong Rayeuk yang mengungsi akibat gas beracun PT Medco. Penyerahan bantuan tersebut merupakan kepedulian Nova kepada warga yang menjalani awal Ramadan dalam kondisi yang tidak ideal.


“Bapak Gubernur berharap bantuan ini dapat mengurangi penderitaan masyarakat di tengah kesulitan yang dihadapi saat ini,” kata Muhammad Mada alias Cek Mada, perwakilan Pemerintah Aceh di PT Medco, kepada warga pengungsi, Ahad, 11 April 2021. 

Cek Mada mengatakan Gubernur Aceh menyadari kondisi dan persoalan yang ada. Saat ini, kata dia, pemerintah terus berupaya menyelesaikan persoalan dengan melibatkan para pihak. 

Dia juga berharap bantuan sapi-sapi itu dapat membantu masyarakat menjalankan tradisi meugang. Bantuan dua ekor sapi itu diterima oleh Keuchik Gampong Panton Rayeuk, Samsul Bahri, yang turut disaksikan unsur imum mukim dan tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Cek Mada menyampaikan salam dari Gubernur Aceh. Cek Mada mengatakan Gubernur akan langsung menjumpai warga yang menjadi korban dan terpaksa mengungsi tersebut, usai menjalani isolasi mandiri sepulang dari kunjungan kerja di Abu Dhabi. 

"Bapak Gubernur tetap memantau situasi ini. Dia ingin memastikan kondisi masyarakat dalam keadaan terbaik," kata Cek Mada.

Sesaat sebelum menyerahkan bantuan itu, Cek Mada juga memfasilitasi pertemuan antara warga dengan pihak PT Medco guna mencari penyelesaian terbaik atas musibah yang terjadi. Cek Mada berharap kedua belah pihak segera mendapatkan titik temu untuk mengatasi masalah ini.