Gubernur Aceh Tertular Covid-19, Presiden Diminta Tunjuk Pelaksana Tugas

Nasruddin alias Nyak Din. Foto: Dokumentasi pribadi.
Nasruddin alias Nyak Din. Foto: Dokumentasi pribadi.

Bekas tim sukses Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah, Nasruddin alias Nyak Din, meminta presiden menunjuk pelaksana tugas Gubernur Aceh. Hal ini dikarenakan Gubernur Aceh Nova Iriansyah tidak bisa berkantor karena Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri di kediamannya.


“Sementara, Aceh juga tidak punya wakil gubernur untuk menggantikan gubernur definitif yang berhalangan,” kata Nyak Din, Sabtu, 19 Juni 2021.

Politikus Partai Nasional Aceh ini mengatakan Nova tertular Covid-19 pada 31 Mei 2021, sesuai hasil tes usap PCR. Hal ini disampaikan secara resmi oleh humas Pemerintah Aceh. Lantas pada Senin lalu, dalam keterangan yang disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah Aceh Muhammad MTA, Nova dinyatakan masih mengidap Covid-19. 

Kondisi ini, kata Nyak Din, menyebabkan pemerintahan di Aceh tidak berjalan normal. Banyak masyarakat yang ingin berjumpa dengan pemimpin mereka terpaksa mengurungkan niat karena Gubernur Aceh tidak masuk kantor. 

Sebelumnya, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, memastikan Gubernur Aceh positif menderita Covid-19 tanpa gejala. Karena itu, Iswanto memastikan Nova tetap melakukan aktivitas harian, seperti memimpin rapat dan memberikan arahan kepada pimpinan SKPA, secara daring. 

“Semua kegiatan pemerintahan insya Allah akan berlangsung seperti biasa. Pak Gubernur tetap akan memimpin rapat, melalui daring tentunya,” kata Iswanto.