Gulat Melantik Pengurus DPW Apkasindo Aceh

Pengurus Apkasindo periode 2019-2024. Foto: Irfan Habibi
Pengurus Apkasindo periode 2019-2024. Foto: Irfan Habibi

Pengurus Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Asosiasi Petani Sawit Indonesia (Apkasindo) Aceh periode 2019-2024 secara resmi dikukuhkan oleh Ketua Umum DPP Apkasindo, Gulat ME Manurung.


Gulat mengatakan dengan pengukuhan pengurus di Aceh, Apkasindo diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi para petani sawit di Aceh khususnya. 

"Melalui Apkasindo ini semoga bisa mewakili seluruh petani sawit yang ada si Aceh, serta bisa menjembatani antara pemerintah dan para petani sawit," kata Galut usai pengukuhan, di Hotel Oasis, Senin, 14 Juni 2021.

Kini, kata Gulat, lahan sawit yang ada di Aceh cukup luas. Untuk itu, Apkasindo berperan mengajak dan memberikan pemahaman lebih kepada para petani sawit. 

Menurutnya, jangan sampai para petani mengira adanya Apkasindo karena replanting. Sebab itu peran Apkasindo semoga bisa membantu para petani dan bisa saling bermitra. 

Ketua panitia pengukuhan, Fadhli Ali, menegaskan berbagalah menjadi petani. Karena petani saat ini merupakan salah satu pemangkas angka kemiskinan yang ada di Aceh.

"Kenapa harus malu, petani sawit sekarang menjadi faktor yang mengangkat ekonomi masyarakat, khususnya di Aceh," kata Fadhli.

Sementara itu, ketua DPW Apkasindo Aceh, Sofyan Abdullah, mengatakan Apkasindo akan siap membentuk program terkait persoalan harga sawit yang terjadi di Aceh saat ini, supaya tidak lagi terjadi ketimpangan harga.

Apkasindo Aceh, kata dia, ke depannya bisa memberikan manfaat kepada seluruh petani sawit, baik tentang pengembangan kebun hingga menghasilkan panen yang maksimal. 

"Atas kepercayaan yang diamahkan kepada saya. Semoga ke depan kita bisa terus memberikan yang terbaik bagi petani sawit di Aceh dengan menseragamkan harga sawit yang ada di Aceh," kata Sofyan.

Dalam kegiatan ini, Badan Pengelola Dana Perkebunan - Kelapa Sawit (BPDP-KS) bekerjasama dengan Apkasindo mengandeng Pemerintah Aceh dan perusahaan- perusahan swasta untuk mengadakan acara Forum Group Discussion (FGD) bertajuk "Kiat Sukses Peremajaan Sawit Rakyat Dalam Rangka Mendukung Program Peremajaan Sawit Rakyat 500.000 Ha."