Ilham Saputra Ditunjuk sebagai Ketua KPU RI

Ilham Saputra. Foto: rmol.
Ilham Saputra. Foto: rmol.

Bekas Ketua Komisi Independen Pemilihan Aceh, Ilham Saputra, didaulat menjadi Ketua Komisi Pemilihan Umum RI. Keputusan ini diambil dalam rapat pleno anggota KPU RI, hari ini.


Sebelumnya, Ilham menjabat sebagai Pelaksana Tugas Ketua KPU RI. Jabatan itu diembannya sejak 15 Januari 2021. Dalam keterangan resmi, KPU mengatakan kesepakatan itu sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. 

“Khususnya pada Pasal 10 Ayat 5 menyebutkan Ketua KPU, Ketua KPU Provinsi dan Ketua KPU kabupaten/kota dipilih dari dan oleh anggota KPU,” seperti ditulis Humas KPU.

Selain itu, rapat pleno juga menyepakati penataan divisi. Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum dan Rumah Tangga dan Logistik diketuai olehPramono Ubaid Tanthowi dengan wakil Arief Budiman. Divisi Teknis diketuai oleh Evi Novida Ginting Manik dengan wakil Hasyim Asy'ari. 

Sedangkan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Parmas diketuai oleh I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dengan wakil Pramono Ubaid Tanthowi. Divisi SDM, Organisasi, Diklat dan Litbang diketuai oleh Arief Budiman dengan wakil Viryan. Divisi Data dan Informasi diketuai oleh Viryan dengan wakil Evi Novida Ginting Manik. Divisi Hukum dan Pengawasan diketuai oleh Hasyim Asy'ari dengan wakil I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi.

Ilham adalah anak Aceh yang lahir di Jakarta pada 21 Mei 1976. Dia menempuh sarjana di Fakultas Ilmu Politik Universitas Indonesia. Dia mengawali karier di KPU sebagai Program Officer Center for Electoral Reform 1999-2004. Unit ini fokus pada pelatihan KPU.

Pascatsunami, Ilham menjabat sebagai program manager di Aceh Development Fund. Pada 2008, Ilham terpilih sebagai anggota KIP Aceh. Ilham juga ditempa di organisasi Pemuda Muhammadiyah. Dia tercatat sebagai salah satu pengurus wilayah Muhammadiyah Aceh periode 2016-2020.