Izinkan Hura-hura pada Malam Ramadan, Kafe New Soho Disegel Aparat

Penyegelan sebuah kafe di Peunayong, Banda Aceh. Foto: ist.
Penyegelan sebuah kafe di Peunayong, Banda Aceh. Foto: ist.

Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah Kota Banda Aceh dan aparat Kepolisian Resor Kota Banda Aceh serta Polda Aceh menyegel kafe New Soho di kawasan Peunayong. Petugas menilai kafe ini melanggar aturan dengan membiarkan anak-anak muda berjoget, bernyanyi dan bersorak di malam Ramadan.


"Padahal kafe itu hanya 60 meter dari Masjid Babul Mawaddah di Makodam Iskandar Muda," kata Plt Kasatpol PP dan WH Banda Aceh, Heru Triwijanarko, Kamis, 22 April 2021.

Heru mengatakan mendapatkan laporan dari masyarakat tentang keramaian di kafe itu. Dalam sebuah video, kata Heru, terlihat aksi anak-anak muda di dalam kafe itu seperti yang diadukan oleh masyarakat. 

Heru mengatakan pesta di dalam kafe itu dilaksanakan pada Rabu malam lalu. Petugas juga menemukan praktik tersebut. Bahkan petugas sudah memberikan peringatan kepada pemilik kafe untuk menghentikan aktivitas yang tidak diizinkan selama malam Ramadan di Banda Aceh.

"Pantauan kita memamg ada acara live music seperti itu tadi malam dan tim kalong kita juga jam 20.30 WIB, sudah ke sini mengingatkan," kata Heru.

Menurut Heru, pihaknya dari Satpol PP dan WH Banda Aceh juga telah beberapa kali mengingatkan pemilik kafe agar menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung yang datang ke cafe tersebut.

Heru mengatakan kafe itu tidak memiliki izin usaha. Untuk itu, kata Heru, pihaknya mengarahkan pemilik usaha untuk menyelesaikan izin usahanya. Sedangkan untuk hura-hura di malam Ramadan, petugas akan menjerat pemilik usaha dengan Qanun No 11 Tahun 2002 terkait Akidah Syiar Islam.

Heru menyampaikan, penyegelan tersebut dilakukan aparat gabungan. Selain dianggap tidak menghormati masyarakat yang sedang beribadah di bulan suci Ramadan, aksi tersebut juga diduga melanggar protokol kesehatan Covid-19.

"Ini kolaborasi Satpol PP dan Polresta Banda Aceh dan Ditkrimum Polda Aceh. Ini akan kami sita dan akan kembalikan setelah izin ada dan penindakan prokes juga," ucap Heru.