Jalin Kesepakatan dengan University of California, FH Unhas Menapaki Fakultas Kelas Dunia

Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (FH-Unhas) menjalin nota kesepakatan dengan University Of California, Berkeley-Law School (UCB). Hal tersebut sebagai upaya menapaki fakultas bertaraf internasional. 


Kerjasama itu tertuang dalam berbagai program. Seperti pengembangan dan kerjasama bidang akademik, peningkatan kapasitas melalui kerjasama pendidikan dan penelitian dan telah ditandatangani sejak 14 Juli 2021 lalu.

Pasca penandatanganan, dilanjutkan dengan pertemuan daring untuk membicarakan tindaklanjut nota kesepakaan tersebut. Pertemuan itu dihadiri oleh dekan UCB-Law School, Erwin Chemerisky. 

Erwin menyebutkan bahwa UCB-Law School sangat antusias dalam mendorong pengembangan ilmu hukum di Indonesia.

UCB terletak di Universitas California tepatnya di 2763-2719 Bancroft Way, Berkeley, CA 94704, Amerika Serikat dan berdiri sejak tahun 1894.

Berkeley Law adalah salah satu sekolah terbaik hukum di Amerika Serikat. Berlokasi di salah satu univesitas terbaik dunia, satu dari 14 sekolah keahlian di University of California, Berkeley.

“Secara konsisten, ranking UCB-Law School selalu teratas di negara Amerika Serikat,” kata Erwin usai menandatangani nota kesepakatan bersama FH Unhas, Selasa, 27 Juli 2021.

Berkeley Law telah menghasilkan pemimpin dalam hukum, pemerintahan, dan masyarakat di Amerika Serikat, termasuk Ketua Mahkamah Agung Amerika Serikat Earl Warren, Sekretaris Negara Amerika Serikat Dean Rusk, aktivis hak-hak sipil Amerika Pauli Murray.

Yang lainnya adalah Hakim Agung California Cruz Reynoso, presiden dan pendiri Equal Justice Society Eva Paterson, Hakim Distrik California Utara Amerika Serikat Thelton Henderson, dan Jaksa Agung Amerika Serikat Edwin Meese.

Dekan Fakultas Hukum, Profesor Farida Patittingi, mengatakan kerjasama itu adalah upaya terobosan dalam pengembangan mutu atas kualitas pendidikan hukum di Unhas.

“Saya berharap dengan adanya memorandum of understanding  ini maka sebagai organisasi, Fakultas Hukum Unhas akan dapat memperkuat diri pada basis kelimuan kerjasama serta kebaruan atas keilmuannya,” kata Farida.

Menurut Farida, Unhas memilih menjalin kesepaktan bersama UCB-Law School karena berada di peringkat sembilan pada legal studies rangking. 

“Ke depan, kerjasama ini akan mensinergikan pelaksanaan dari Tri Dharma Pendidikan Tinggi,” kata Farida.

Dalam penandatangan itu dihadiri oleh Wakil Rektor IV Riset, Inovasi dan Kerjasama, Profesor Muh. Nasrum Massi. Dia berharap agar nanti, akan ada pengiriman staf pengajar FH Unhas ke UCB-Berkeley.