Jatuh ke Deck, ABK Kapal Cargo Dievakuasi ke RSUZA

Basarnas Banda Aceh mengevakuasi medis seorang ABK warga negara China ke RSUDZA. Foto: istimewa
Basarnas Banda Aceh mengevakuasi medis seorang ABK warga negara China ke RSUDZA. Foto: istimewa

Basarnas Banda Aceh mengevakuasi medis (Medivac) seorang anak buah kapal (ABK) M/V Xin Hai Tong 21, yang mengalami kecelakaan jatuh ke geladak (deck) saat dalam pelayaran, Rabu, 12 Januari 2022.


Kapal Cargo (Bulk Carrier) berbendera Marshall Island (MH) berlayar dengan rute Pantai Gading (Afrika) - Singapura. Yang Daqi, 29 tahun ABK asal China itu harus dievakuasi ke darat untuk mendapatkan perawatan lanjutan.

"Saat Berlayar dari Pantai Gading (Afrika) menuju Singapura Sekitar pukul 23.00 WIB salah seorang crew kapal mengalami kecelakaan kerja terjatuh ke deck dan mengalami luka terbuka di bagian kening," kata Kelala Basarnas Banda Aceh, Budiono, Kamis, 13 Januari 2022.

Yang Daqi dijemput Basarnas dari kapal Cargo itu dengan kapal KN. SAR Kresna 232 pada pukul 05.10 Kamis, 13 Januari 2022 subuh di perairan Selat Benggala, Aceh Besar. Evakuasi terhadap ABK tersebut berjalan lancar.

"Pukul 06.50 WIB Kapal KN SAR Kresna tiba di Pelabuhan Ulee Lheue dan langsung mengevakuasi crew ke ambulans KKP untuk dibawa ke Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA)," ujar Budiono.