Jubir AMIN Aceh Minta Masyarakat Kawal Suara Anies-Cak Imin

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Foto: Ist.
Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Foto: Ist.

Azwir Nazar, juru bicara (jubir) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), mengajak seluruh elemen masyarakat mengawal suara pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 itu, sehingga tidak ada kecurangan dan menuai hasil yang memuaskan.


"Kita mengajak semua pihak untuk menunggu hasil rekapitulasi resmi Komisi Pemilihan Umum selaku penyelanggara Pemilu,” kata Azwir, dalam keterangan tertulis, Kamis, 15 Februari 2024.

Azwir mengapresiasi dan berterimakasih kepada masyaratkat Aceh percaya kepada AMIN memimpin Indonesia. Di mana perolehan suara mencapai 80 persen lebih.

“Ini Luar biasa," kata dia. Dia juga mengapresiasi untuk seluruh simpul relawan dari berbagai unsur, baik dari partai pengusung maupun dari masyarakat luas. Sehingga Anies-Cak Imin menang telak di Aceh. 

“Dengan bekerja cerdas dan kerja ikhlas para relawan ini adalah energi kebersamaan. Tentu ini sangat berarti bagi kita semua," ujarnya. 

Azwir juga berterimakasih kepada pihak penyelanggara, keamanan baik TNI-Polri dan semua elemen pemerintah yang berkontribusi pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) di Aceh yang secara umum sangat kondusif.

Sebelumnya diberitakan, Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin), menang telak di Provinsi Aceh. Hal ini berdasarkan data real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang masih terus berlangsung. 

Pasangan Amin yang mengusung slogan perubahan ini mendulang 663.096 suara atau 83.03 persen. Secara umum 23 kabupaten/kota di Aceh Anies-Muhaimin unggul dari dua rivalnya.

Perolehan suara paslon 2 yakni Prabowo-Gibran sebanyak, 114.849 suara atau 15.06 persen dan Ganjar-Mahfud sebanyak 14.512 atau 1.9 persen. 

Jumlah tersebut berdasarkan hasil perhitungan yang dirilis KPU pada Kamis, 15 Februari 2024, pukul 15.30 WIB. Adapun suara yang masuk sebanyak 7181 dari 16046 TPS di Aceh atau 44.75 persen.

Meski pasangan Anies-Muhaimin menang telak di Tanah Rencong, namun secara real count nasional pasangan Prabowo-Gibran unggul sementara dari paslon 01 dan 03.