Jumlah Pengusung Hak Angket terhadap Nova Tidak Cukup Kuorum

Pengamat hukum Universitas Syiah Kuliah, Mawardi Ismail, mengatakan bahwa kuorum, 3/4 dari jumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, harus terpenuhi untuk mengusulkan hak angket. Hal ini diatur dalam tata tertib (tatib) DPR Aceh.


"Untuk memutuskan sah atau tidak hak angket juga harus diputuskan dalam rapat paripurna. Dan paripurna itu diatur dalam tatib," kata Mawardi kepada RMOLAceh, Jumat, 23 Oktober 2020.

Menurut Mawardi, rapat paripurna untuk mengambil keputusan itu perlu ada kuorum tertentu. Jika kuorum tidak terpenuhi, maka rapat paripurna tidak bisa diadakan. Hal ini, kata Mawardi, urusan teknis yang diatur dalam tata tertib.

Sebelumnya, politikus Partai Amanat Nasional, Irfannusir, mengatakan jumlah fraksi yang setuju hak angket masih sama jumlah partai yang mengajukan hak interpelasi. “Kalaupun ada penambahan, ya, kita lihat beberapa hari ini,” kata Irfannusir.

Namun jumlah mereka diperkirakan tidak mencukupi kuorum. DPR Aceh memerlukan 61 dukungan anggota DPR Aceh untuk mencapai kuorum tersebut. Saat ini, hak angket itu diusung oleh Fraksi Partai Aceh, PNA, PKS, Golkar, Gerindra, dan PAN.

Total pengusung diperkirakan mencapai 57 orang. Sementara politikus DPR Aceh yang menolak penggunaan hak angket sebanyak 24 orang.

Beberapa waktu lalu, pengamat politik Universitas Syiah Kuala, Efendi Hasan, meminta Dewan Perwakilan Rakyat Aceh tidak mencari-cari alasan untuk memakzulkan Nova Iriansyah dari kursi pelaksana tugas Gubernur Aceh. Saat ini, kata Efendi, tak ada alasan untuk DPR Aceh melakukan hal itu.

“Kecuali gubernur melakukan perkara pidana. Kemarin hak bertanya pun sudah dijawab oleh yang bersangkutan. Jadi, DPR Aceh harus profesional dalam memahami suatu masalah,” kata Efendi.

Menurut Efendi, lembaga yang dipercayakan oleh rakyat seharusnya bersikap profesional. Mencari-cari kesalahan, kata Efendi, akan memperburuk situasi yang berefek pada terhambatnya kebijakan-kebijakan strategis.

Salah satunya adalah dengan tidak melantik Nova sebagai gubernur definitif. Efendi mengatakan seharusnya Nova dapat segera dilantik sehingga Pemerintah Aceh dapat menjalankan kebijakan strategis tersebut.