Kacabdin Minta Pemenang Lomba Guru Berprestasi Tampil Optimal di Provinsi

Penyerahan penghargaan kepada guru berprestasi. Foto: ist.
Penyerahan penghargaan kepada guru berprestasi. Foto: ist.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh wilayah Aceh Besar dan Banda Aceh, Syarwan Joni, optimistis setiap wakil dari dua daerah ini bakal meraih hasil terbaik pada ajang kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan berprestasi tingkat provinsi. Juara satu dari masing-masing daerah dan kategori lomba bakal berhadapan dengan wakil dari daerah lain, 20 Oktober 2022.


Seleksi ini melibatkan tujuh kepala sekolah. Di antaranya, 31 guru, 14 pustakawan, 10 tata usaha, dan 11 laboran. Mereka berasal dari seluruh SMA, SMK, dan SLB di Banda Aceh dan Aceh Besar.

“Dari masing-masing kategori lomba dan daerah, terpilih satu juara untuk mewakili Banda Aceh dan Aceh Besar berlaga pada even sejenis di tingkat provinsi,” kata Syarwan Joni, dalam keterangan tertulis, Kamis, 22 September 2022.

Syarwan Joni mengatakan para peserta lomba kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan berprestasi ini menjalani proses seleksi di satuan pendidikan masing-masing untuk diutus ke perlombaan tingkat cabang dinas.

Juri menilai presentasi praktik baik di sekolah, portofolio, dan video pembelajaran terbaik, dan wawancara, masing-masing peserta.

Syarwan Joni mencontohkan, untuk menilai prestasi guru, mereka diwajibkan untuk menyampaikan pengalaman terbaik dalam mengajar yang diwujudkan secara konkret lewat video pembelajaran yang mereka produksi. Mereka bakal mengikuti perlombaan tingkat provinsi yang digelar pada 20 Oktober 2022.

Syarwan Joni berharap seluruh peserta yang lolos untuk berlaga pada tingkat provinsi menyiapkan diri sebaik-baiknya. Sejumlah kekurangan yang dirasakan pada proses seleksi di tingkat cabang dinas harus diperbaiki sehingga mereka bisa tampil sempurna saat bersaing dengan daerah lain.

"Masih ada waktu untuk mempersiapkan diri hingga hari H, sesuai arahan dari tim penguji," kata Syarwan Joni.

Syarwan Joni juga mengatakan bahwa para peserta yang ikut dalam seleksi tingkat kabupaten/kota merupakan sosok terbaik dari sekolah masing-masing. Mengutip pernyataan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri, Syarwan Joni mengatakan para peserta membuktikan diri sebagai insan pendidikan yang berkualitas.

Syarwan Joni juga berterima kasih pada sejumlah pihak yang bersedia mensponsori kegiatan ini. Mereka adalah Penerbit Erlangga, Penerbit Masmedia, Artline, dan Bimbingan Belajar Teknos Aceh.

"Mari kita berdoa agar ikhtiar untuk memajukan pendidikan Aceh ini dapat menghasilkan insan pendidikan yang cakap dalam membentuk karakter dan pengetahuan para peserta didik kita," kata Syarwan Joni.

Nama pemenang Banda Aceh

Kategori Kepala Sekolah

- SMA Fatih Bilingual School: Biadelma Nanda Illiandi

- SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh: Herlina Dewi

Kategori Guru

- SMA Labschool Unsyiah: Sukmayati

- SMK Negeri 3 Banda Aceh: Bayu Ilhamsari

- SLB Negeri Banda Aceh: Yusrila

Kategori Tenaga Laboran

- SMA Negeri 7 Banda Aceh: Yusrizal

- SMK Negeri 5 Telkom: Muhammad Kadapi

Kategori Tenaga Pustakawan

- SMA Negeri 7 Banda Aceh: Nova Aprianti

- SMK Negeri 3 Banda Aceh: Zuhra Irawana

Kategori Tenaga Administrasi

- SMA Negeri 7 Banda Aceh: Warzani

- SLB Negeri Banda Aceh: Juni Fitri

Nama pemenang Aceh Besar

Kategori Kepala Sekolah

- SMA Negeri 1 Lhoknga: Eka Sari Dewi 

- SMK Negeri 1 Darul Kamal: Dahliati

- SLB Negeri Kota Jantho: Nilawati

Kategori Guru

- SMA Negeri 1 Krueng Barona Baru: Seri Amalia

- SMK PP Negeri Saree: Hermawaty Tarigan

- SLB Negeri Pembina Provinsi Aceh: Zuhdi

Kategori Tenaga Laboran

- SMA Negeri 1 Darul Imarah: Fitriani

- SMK Negeri 1 Masjid Raya: Ernawati

Kategori Tenaga Pustakawan

- SMA Babul Maghfirah: Syifa Andina

- SMK Negeri 1 Mesjid Raya: Fatria Yulita

Kategori Tenaga Administrasi

- SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya: Muhammad Razi

- SMK Negeri 1 Lhoknga Mardiana

- SLB Negeri Pembina Provinsi.