Kapal Cepat Express Bahari Layani Mudik Gratis Jelang Lebaran Idul Fitri 1445 H

Jadwal arus mudik dan arus balik gratis kapal cepat jelang lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah. Foto: PT Pelayaran Sakti Inti Makmur.
Jadwal arus mudik dan arus balik gratis kapal cepat jelang lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah. Foto: PT Pelayaran Sakti Inti Makmur.

PT Pelayaran Sakti Inti Makmur selaku operator Kapal Cepat Express Bahari rute Banda Aceh-Sabang menyediakan layanan arus mudik bagi para penumpang. Layanan tersebut berlaku menjelang hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah 2024.


"Benar, kita buka layanan mudik gratis," kata Kepala Perwakilan PT Pelayaran Sakti Inti Makmur Banda Aceh, Rudi, kepada Kantor Berita RMOLAceh, Sabtu, 30 Maret 2024.

Rudi menyebutkan layanan arus mudik dan arus balik ini merupakan sebuah kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk melayani para penumpang secara gratis. Layanan arus mudik dan arus balik gratis akan dimulai selama tiga hari.

"Untuk arus mudik gratis akan dimulai dari tanggal 5, 6 dan 8 April 2024. Sementara layanan arus balik gratis dimulai pada tanggal 15, 16 dan 17 April 2024," ujarnya.

Kemudian, kata Rudi, untuk rute dan jadwal keberangkatan kapal dari Pelabuhan Ulee Lheue-Balohan Sabang pada tanggal 5,6 dan 8 April 2024 akan dibuka sebanyak dua kali keberangkatan. Yaitu pada pukul 10.00 WIB dan pukul 14.00 WIB.

"Sedangkan untuk rute dari Pelabuhan Balohan Sabang-Pelabuhan Ulee Lheue pada tiga hari itu juga sama dibuka sebanyak dua kali keberangkatan, yaitu pada pukul 10.00 WIB dan pukul 14.30 WIB," jelasnya.

Lebih lanjut, kata Rudi, sementara untuk arus balik dari tanggal 15, 16 dah 17 April 2024 juga buka dua rute keberangkatan baik dari Pelabuhan Ulee Lheue-Balohan maupun sebaliknya. Adapun jadwal keberangkatannya yaitu pukul 10.00 WIB dan pukul 16.30 WIB.

Rudi menyebutkan selama arus mudik dan arus balik gratis pihaknya menyediakan empat unit kapal. Yaitu kapal Express Bahari 5F, Express Cantika 89, Express Bahari 2F, dan Express Bahari 2C.

"Untuk penumpang dibatasi juga perharinya," sebutnya.

Adapun persyaratan mudik gratis sebagai berikut:

1. Pemesanan tiket hanya melalui Aplikasi Express Bahari Mobile.

2. Tidak berlaku untuk kelas VIP dan penumpang wisatawan

3. Mudik gratis diberikan untuk masyarakat yang benar-benar membutuhkan dengan tujuan untuk mudik lebaran.

4. Wajib mengisi foto identitas diri (KTP) saat pengisian data pesanan tiket.

5. untuk penumpang yang belum memiliki KTP bisa mengisi foto (Kartu Pelajar/Mahasiswa/Kartu Keluarga/Kartu Anak) saat pengisian data pesanan tiket.

6. Penumpang yang membawa bayi wajib membeli tiket bayi bersamaan dengan pemesanan tiket dewasa mudik gratis.

7. Setelah pemesanan tiket selesai akan dilakukan validasi kesesuaian syarat, ketentuan dan nama tiket dengan identitas yang telah dilampirkan.

8. Wajib mengisi surat pernyataan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut "bahwa berhak mendapatkan fasilitas tiket mudik gratis" yang di isi saat di dalam Kapal.

9. Pihak operator berhak membatalkan tiket yang sudah di issued apabila ditemukan ketidaksesuaian data dan syarat ketentuan yang berlaku.

10. Tiket mudik gratis hanya bisa di akses selama kuota masih tersedia.

Sementara itu ketentuan mudik gratis sebagai berikut:

1. Tiket mudik gratis hanya bisa digunakan oleh penumpang yang namanya tertera pada tiket dengan identitas yang diberikan.

2. Hanya berlaku pembelian tiket one way

3. 1 akun hanya bisa melakukan satu kali transaksi untuk mudik gratis.

4. Tiket mudik gratis tidak dapat di refund/direschedule/ diupgrade.

5. Penumpang yang memesan tiket mudik gratis wajib melakukan check in online di Aplikasi pada H-1 hari keberangkatan untuk mendapatkan boarding pass online.

6. Jika tidak bisa melakukan check in online karena kondisi tertentu maka penumpang bisa melakukan check in offline H-1 dikantor Express Bahari.

7. Boarding pass (online/offline) dipegang oleh masing-masing penumpang saat masuk ke pintu boarding beserta dengan kartu identitas.

8. Boarding pass online mudik gratis akan ada watermark "MUDIK GRATIS" pada tiketnya.

9. Pemilik tiket mudik gratis TETAP harus melakukan boarding 1 jam. sebelum jam keberangkatan.