Kejagung Persilakan KPK Ambil Alih Kasus Korupsi Pembelian LNG di Pertamina  

Kantor Pertamina. Foto: Ist
Kantor Pertamina. Foto: Ist

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, mengatakan kasus penyelidikan dugaan korupsi pembelian LNG di PT. Pertamina (Persero) diambil alih oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia.


“Kejaksaan Agung mempersilahkan dan tidak keberatan untuk selanjutnya ditangani KPK untuk melakukan penyelidikan,” kata Leonard Eben Ezer Simanjuntak, dalam keterangan tertulis, Selasa, 5 Oktober 2021.

Dia menjelaskan keputusan itu diambil berdasarkan koordinasi dengan KPK. Penyedik KPK, kata dia, juga sedang melakukan penyelidikan terhadap kasus yang sama. Tujuannya, agar tidak terjadi  tumpeng tindih antara KPK dan Kejaksaan Agung.

Sebelumnya, direktur penyidikan pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus telah melakukan kegiatan penyelidikan sejak tanggal 22 Maret 2021 atas Dugaan Indikasi Fraud dan Penyalahgunaan Kewenangan dalam Kebijakan Pengelolaan LNG Portofolio di PT. Pertamina (Persero).

“Tim penyelidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus telah selesai melakukan penyelidikan untuk selanjutnya dinaikan ke tahap penyidikan,” kata dia.

| Laporan: Fauzan