Kementerian Pertahanan Salurkan Bantuan PT Priamanaya Energy untuk Keluarga Awal Nanggala-402

Menteri Prabowo Subianto. Foto: ist.
Menteri Prabowo Subianto. Foto: ist.

Kementerian Pertahanan menerima bantuan dari PT Priamanaya Energy untuk keluarga awak KRI Nanggala-402 yang  mengalami kecelakaan di perairan utara Pulau Bali, Rabu dua pekan lalu. Kecelakaan tersebut menewaskan semua awak KRI Nanggala-402 yang berjumlah 53 orang.


Bantuan yang diberikan PT Priamanaya Energy dikelola Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan (YPPSDP) yang berada di lingkungan Kementerian Pertahanan. Bantuan ini akan disalurkan kepada keluarga awak Nanggala-402. 

Perjanjian kerja sama antara YPPSDP dan PT Priamanaya Energy tentang Pemberian Santunan dan Bantuan Biaya Pendidikan Putra Putri Awak Kapal Selam KRI Nanggala-402 ditandatangani Ketua YPPSDP, Mayjen TNI (Purn) Musa Bangun, dan Direktur Utama PT Priamanaya Energi, Raditya Priamanaya Djan, di Aula Bhinneka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Senin, 3 Mei 2021. 

Selain Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, penandatanganan kerja sama itu juga disaksikan Presiden Komisaris PT Priamanaya Energy, Djan Faridz, Wamenhan Letjen M Herindra, dan sejumlah pejabat lain di lingkungan Kementerian Pertahanan. 

“Bagaimanapun pemimpin terpanggil untuk memikirkan kesejahteraan keluarga prajurit, manakala prajurit kita harus berkorban di medan tugas,” ujar Prabowo. 

Prabowo juga berterima kasih dan menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran Priamanaya Energy yang telah memperlihatkan kepedulian dan perhatian pada nasib keluarga awak KRI Nanggala-402. 

Bantuan yang diserahkan PT Priamanaya Energy berupa santunan untuk masing-masing keluarga awak Nanggala-402 sebesar Rp 50 juta. Bantuan lain berupa biaya melahirkan bagi istri awak Nanggala-402 sebesar Rp 5 juta, bantuan biaya pendidikan dan penunjang pendidikan, seperti seragam, sepatu, dan buku, untuk setiap anak yang besarnya disesuaikan dengan jenjang pendidikan. 

Priamanaya Energy juga memberikan bantuan beras dan lauk-pauk untuk anak keluarga awak Nanggala-402. Bantuan yang disalurkan Kementerian Pertahanan ini melengkapi bantuan lain yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo. 

Ketika mengunjungi keluarga korban di Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis pekan lalu, Presiden Joko Widodo menjanjikan bantuan pengadaan perumahan dan beasiswa pendidikan bagi putra-putri awak Nanggala-402.