Ketua Bawaslu RI Resmi Lantik Anggota Panwaslih Aceh Khusus Pilkada 2024

Prosesi pelantikan anggota Panwaslih Aceh khusus Pilkada 2024. Foto: Ist.
Prosesi pelantikan anggota Panwaslih Aceh khusus Pilkada 2024. Foto: Ist.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmad Bagja resmi melantik lima anggota Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh khusus Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Pelantikan berlangsung di Aula kantor Bawaslu RI, Jakarta, Selasa, 20 Februari 2024.


Anggota Panwaslih Aceh yang dilantik adalah, Muhammad Yusuf, Muhammad AH, Muhammad, Fuadi dan Muhammad Ali. Mereka akan mengawasi jalannya Pilkada 2024 di Aceh.

Rahmat Bagja meminta anggota Panwaslih Aceh untuk segera melakukan koordinasi dengan stakeholder atau pemangku kepentingan terkait kepemiluan di Aceh 

“Waktu terus berjalan. Tidak beberapa lama lagi akan ada pilkada. Segera lakukan koordinasi untuk memaksimalkan kerja-kerja pengawasan,” kata Bagja dalam sambutan pelantikan.

Bagja berharap anggota Panwaslih Aceh yang baru dilantik untuk menjalankan tugas dan amanah dengan baik. Selain itu mereka, harus bisa menjaga kepercayaan dari masyarakat yang telah dimandatkan kepada Panwaslih Aceh.

“Lakukan tugas sebaik-baiknya. Jangan melakukan hal-hal yang dilarang oleh undang-undang. Harus sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Kata Bagja, Panwaslih Aceh harus tetap melaporkan hasil pengawasan kepada Bawaslu RI. Sebab, Bawaslu RI merupakan penanggung jawab seluruh proses pengawasan di seluruh Indonesia. 

"Hal tersebut tidak mengurangi status keistimewaan Aceh," kata Bagja.