Ketua PWI Aceh Berharap Aceh Lahirkan Wartawan Berkualitas

Tarmilin Usman (kanan). Foto: Muhammad Fahmi.
Tarmilin Usman (kanan). Foto: Muhammad Fahmi.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Aceh, Tarmilin Usman, berharap SKK Migas dan BPMA konsisten meningkatkan sumber daya wartawan di Aceh. Sehingga wartawan lebih berkompeten dalam menyampaikan informasi terkait kegiatan hulu Migas. 


"Jadi tidak hanya wartawan yang mampu menulis berita biasa, tapi menulis yang berkualitas," kata Tarmilin Usman di sela-sela sosialisasi kegiatan hulu migas yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Aceh, Ahad, 17 Oktober 2021.

Tarmilin mengatakan lomba karya jurnalistik yang digelar oleh PWI Aceh, BPMA dan SKK Migas bersamaan dengan sosialisasi itu juga menjadi kesempatan baik bagi wartawan untuk mengukur dan menguji kemampuan menulis. 

"Nantinya pemenang lomba benar-benar penulis handal, sehingga bisa diikutkan lomba di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), bahkan nasional," kata Tarmilin Usman.

Kepala Perwakilan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) Sumbagut, Rikky Rahmad Firdaus mengatakan, kerja sama ini akan terus dilanjutkan dan peningkatan kompetensi wartawan terus kami dukung, untuk melahirkan wartawan yang kompeten.

Kehadiran wartawan, kata dia, dapat memberikan informasi yang akurat. Harus tetap bertugas di lapangan, untuk mencari informasi dan menceritakan ke publik. Termasuk dalam industri hulu migas untuk memberikan laporan. 

“Sehingga berdampak positif bagi negara," kata Rikky Rahmad Firdaus.

Kegiatan ini ikut dihadirin, Profesor Rudi Rubiandini, bekas Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral; Teuku Muhammad Faisal, Kepala BPMA; Kemal Faysa, antopolog UNIMAL; Ramadhan, ceo KBA; Harris Fadhillah, Bidang Pembelaan Wartawan PWI Aceh; dan Azhari, Biro LKBN ANTARA Aceh.