Masyarakat Lebih Percaya kepada Gubernur Ketimbang Presiden

Presiden Joko Widodo. Foto: RMOL.ID.
Presiden Joko Widodo. Foto: RMOL.ID.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei tentang 'Evaluasi Publik Terhadap Kondisi Peluang Terhadap Kondisi Nasional dan Peta Awal Pemilu 2024'. Survei ini dilaksanakan pada 25-31 Januari 2021.


LSI mendapati tingkat kepercayaan terhadap lembaga Tentara Nasional Indonesia (TNI) menempati urutan pertama. Survei menyebut 25 persen sangat percaya terhadap lembaga ini. Sementara 70 persen lainnya memilih percaya.

Sementara tingkat kepercayaan kepada gubernur juga relatif tinggi. Kategori sangat percaya 14 persen dan cukup percaya 77 persen. Lalu, bupati atau wali kota mendapat tingkat sangat percaya 14 persen dan cukup percaya 76 persen. 

Sementara Presiden dengan kategori sangat percaya 20 persen dan cukup percaya 68 persen. 

"Secara umum mayoritas warga merasa sangat/cukup percaya dengan Lembaga-Lembaga politik yang ada," kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan saat merilis hasil survei tentang "Evaluasi Publik Terhadap Kondisi Peluang Terhadap Kondisi Nasional dan Peta Awal Pemilu 2024", Senin 22 Februari 2021.

Selanjutnya, ada Pemerintah Pusat dengan kategori sangat percaya 12 persen dan cukup percaya 73 persen. 

Lalu ada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menurun setiap tahunnya. Berada di peringkat keenam, dengan yang menyatakan sangat percaya sebesar 17 persen dan cukup percaya sebanyak 66 persen. 

Kemudian ada tingkat kepercayaan terhadap polisi, kejaksaan, DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR RI dan partai politik berada pada urutan paling buncit alias terakhir. 

"Pemerintah pusat, KPK, Polisi, Kejaksaan, DPRD Kab/Kota, DPRD Provinsi, DPR, dan partai politik. Kepercayaan kepada DPR dan partai politik adalah yang terendah dibanding lembaga-lembaga lain," kata Djayadi.