Pahami Indeks sebelum Berinvestasi

Ilustrasi: klikcair.
Ilustrasi: klikcair.

Indeks merupakan hal yang sangat penting untuk dipahami sebelum seseorang memulai investasi. Kepala Divisi Pasar Modal Syariah Bursa Efek Indonesia, Irwan Abdalloh, mengatakan terdapat dua fungsi indeks yang perlu dipahami 

"Pertama, dia sebagai indikator kinerja. Jadi kalau kita punya portofolio, kita ingin tahu portofolio kita ini kinerjanya lebih bagus atau tidak dengan pasar, indeks indikatornya," ujar Irwan seperti dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Selasa, 4 Mei 2021. 

Sementara fungsi kedua indeks adalah benchmark kinerja pasar. Irwan mencontohkan, Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) menunjukkan kinerja saham syariah di Indonesia. Jika indeksnya turun, maka kinerja pasar saham syariah turun, dan sebaliknya.

Bukan hanya untuk saham, Irwan menegaskan, memahami indeks juga penting bagi mereka yang memiliki investasi reksadana syariah.

"Memahami indeks syariah itu penting. Malah cara gampang untuk mengetahui apakah reksadana syariah kita itu return atau tidak," jelasnya.

Irwan mengatakan dalam syariah, indeks menjadi alat untuk mengurangi transaksi yang gharar. Gharar adalah istilah untuk menyebut transaksi yang mengandung ketidakjelasan antara baik dan buruknya.