Pakar: Hipnoterapi Digunakan Sejak Lama untuk Mengobati Perilaku, Perasaan dan Pikiran

Hari Candra Mastoto A. Foto: Elza Putri Lestari.
Hari Candra Mastoto A. Foto: Elza Putri Lestari.

Hipnoterapi adalah metode terapi dengan memanfaatkan hipnosis. Fokus hipnoterapi mendorong pikiran bawah sadar menemukan solusi suatu permasalahan dengan memasukkan sugesti tertentu. 


“Di Indonesia masih dianggap sebagai perbuatan penipuan, ilmu jahat. Padahal di Inggris, metode ini digunakan sejak lama sebagai salah satu cara mengobati penyakit yang berkaitan dengan pikiran, perasaan dan perilaku,” kata Hari Candra Mastoto A, professional hypnotherapist, dalam diskusi Bincang Sehat di RMOL.ID, Jumat, 20 November 2020.

Hari mengatakan banyak hal yang menyebabkan kecemasan. Terutama sesuatu hal yang baru. Satu di antaranya adalah Covid-19. Ini adalah informasi baru yang negatif atau positif dalam otak, yaitu memberi sugesti ke dalam otak kita. 

“Kita harus memberi informasi ke otak kita meyakinkan diri kita bahwa covid ini sesuatu hal yang biasa namun dengan cara-cara tertentu dan gelombang otak tertentu,” kata Hari

Hari mengatakan hipnoterapi bermain di gelombang otak alpha dan theta. Tapi idealnya lebih baik di lakukan di gelombang theta karena di gelombang otak theta berasa aktifitas alam bawah sadar sedang beraktivitas.

Proses theta lebih efektif dilakukan menjelang tidur. Di situ lah saat orang tua memberikan sugesti pada anak. Sugesti tersebut dilakukan selama berturut-turut sehingga ada perubahan pada anak. Dan ketika anak bangun tidur juga bisa di sugesti sehingga bisa membuat perilaku anak berubah.

Hipnosis juga dapat dilakukan sendiri. Jika dilakukan secara rutin, hal ini akan menghilangkan kecemasan. Hari juga menyebutkan bahwa hipnoterapi dapat membuat imunitas menjadi tinggi. Hipnoterapi menurunkan stres dan memberikan energi positif sehingga meningkatkan hormon bahagia yang menjadikan tubuh lebih imun.

“Yang terpenting, jangan kecemasan berlebihan. Jadikan hal di hadapan kita sebuah situasi yang biasa saja. Maka sugesti dalam diri kita akan tidak cemas,” kata Hari.