Peran Aparatur Gampong Sangat Penting untuk Penguatan Syariat Islam di Banda Aceh

Pantai Ulee Lheue. Foto: net.
Pantai Ulee Lheue. Foto: net.

Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Husaini, mengatakan untuk meningkatkan penerapan syariat Islam perlu peran aparatur gampong dalam penguatan syariat Islam di Kota Banda Aceh.


"Jadi syariat islam ini perlu ditingkatkan, dan harus bisa bekerjasama dengan pihak gampong untuk meningkatkan penerapan syariat Islam di Banda Aceh," kata Husaini kepada Kantor Berita RMOLAceh, Selasa, 2 Maret 2021.

Menurut Husaini, aparatur gampong harus bisa bekerja sama dengan pemerintah kota untuk menggalakkan syariat Islam di Banda Aceh. Di samping itu peran dinas terkait juga penting untuk selalu menjaga penerapan syariat Islam.

Politikus Partai Nanggroe Aceh (PNA) ini menyampaikan peran aparatur gampong diperlukan untuk menjaga keamanan di wilayah masing-masing dari tindakan pelanggaran syariat Islam.

Kawasan-kawasan yang rawan, kata Husaini juga perlu pengawasan ketat dari instansi terkait. Sehingga dapat meminimasilir tindakan kejahatan kriminal dan maksiat di Banda Aceh. "Seperti kawasan Ulee Lheue itukan selalu ada kontrol dari pihak Wilayatul Hisbah (WH) dan Satpol PP Kota Banda Aceh. Kemudian juga di tempat-tempat rawan lainnya," 

Di samping itu, kata Husaini, perlunya ditambah penerangan di tempat tertentu. Sehingga tindakan pelanggaran tidak terjadi. Hal itu juga memperindah kawasan tersebut di malam hari. Di sisi lain, pengawasan pihak terkait yang bekerja sama dengan aratur gampong juga tetap ditingkatkan, dengan begitu orang bakal sungkan untuk berlaku negatif.