Salat Idul Adha Berlangsung Hikmat, Khutbah Dipersingkat

Jamaah salat Idul Adha di Aceh Barat Daya. Foto: Fakhrurrazi.
Jamaah salat Idul Adha di Aceh Barat Daya. Foto: Fakhrurrazi.

Ratusan warga Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dan sekitarnya melaksanakan salat Idul Adha 1442 Hijriah di Masjid Agung Baitul Ghafur, Gampong Seunaloh, Kecamatan Blangpidie. Jamaah membeludak hingga ke pelataran masjid.


Sejak pukul 06.00 WIB jamaah mulai berdatangan dan memenuhi shaf yang telah disediakan pihak Badan Kemakmuran Masjid (BKM) setempat.

Pelaksanaan salat Idul Adha 1442 Hijriah di masjid kebanggaan masyarakat Breuh Sigupai ini yang bertindak sebagai Khatib adalah Profesor Farid Wajdi Ibrahim. Sementara bertindak sebagai Imam salat adalah Tgk Nyak Umar CA.

Jamaah datang dengan kendaraan roda empat hingga roda dua. Jamaah juga tampak menggunakan masker dan membawa sajadahnya masing-masing. Profesor Farid dalam khutbahnya mengangkat tema, Ibadah kurban dan solidaritas di masa pandemi.

Sementara itu, di Masjid At-Taqwa Gampong Alue Sungai Pinang, Kecamatan Jeumpa, Abdya, pelaksanaan salat Idul Adha juga berjalan lancar dan khidmat. Jamaah membeludak hingga ke pelataran masjid.

Di masjid At-Taqwa Alue Sungai Pinang, yang bertindak sebagai imam dan khatib Salat Idul Adha adalah Ustad Muhammad Isa Daud, dari Pesantren Terpadu Ibnu Sina Global Ehsan Relief (GER) Padang Sikabu.

Aulia Rahman, jamaah salat Ied Adha di masjid At-Taqwa menyampaikan meski pelaksanaan salat Idul Adha tahun ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, namun jamaah tetap khusuk melaksanakan salat sunnah Idul Adha.

"Alhamdulillah, kita tetap salat hari raya Idul Adha di masjid, tapi tetap pakai masker dan bawa sajadah dari rumah," kata Aulia kepada Kantor Berita RMOLAceh, usai salat Ied Adha.

Aulia mengatakan, pelaksanaan salat Idul Adha berjalan lancar walau dipersingkat. Hal ini guna menghindari penyebaran pandemi Covid-19.

"Karena memang daerah kita saat ini masih aman. Alhamdulillah berjalan lancar. Semoga virus corona ini cepat berakhir," ujar Aulia.