Sambut Pilkada 2024, Demokrat Aceh Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah 

Ketua Tim Penjaringan, Sekretaris DPD Partai Demokrat Aceh, Arif Fadillah. Foto: Dok Partai Demokrat Aceh.
Ketua Tim Penjaringan, Sekretaris DPD Partai Demokrat Aceh, Arif Fadillah. Foto: Dok Partai Demokrat Aceh.

Pasca Pemilu Legislatif dan Presiden 2024, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Aceh membentuk tim penjaringan. Tim tersebut nantinya akan menjaring calon kepala daerah di 23 kabupaten/kota dan calon Gubernur Aceh pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.


"Demokrat Aceh membuka kesempatan pada putra putri terbaik Aceh yang berkeinginan maju Pilkada dengan ketentuan persyaratan serta kriteria sesuai semangat platform Partai Demokrat. Silahkan maju melalui Partai Demokrat," kata Ketua Tim Penjaringan Kepala Daerah Partai Demokrat Aceh Arif Fadillah dalam keterangan pers di Banda Aceh, Rabu, 3 April 2024.

Arif menjelaskan, tim yang sudah terbentuk tersebut akan bertugas melakukan proses penjaringan calon kepala daerah usungan, maupun dukungan yang maju lewat Demokrat. Pembentukan tim ini sekaligus persiapan Demokrat Aceh menyambut Pilkada serentak 2024.

"Kesempatan ini terbuka bagi siapapun yang berkeinginan maju untuk diusung dan didukung oleh Partai Demokrat," kata Arif yang juga Sekretaris DPD Partai Demokrat Aceh ini 

Menurut Arif, untuk calon gubernur dan wakil gubernur, Demokrat Aceh akan mendorong kader terbaiknya, Muslim, yang saat ini menjabat Ketua DPD Partai Demokrat Aceh dan yang juga anggota DPR RI tiga periode.

Pada Pemilu Legislatif 2024, Demokrat Aceh meraih 58 kursi DPRK se-Aceh, tujuh kursi DPRA, dan satu kursi DPR RI. Di beberapa kabupaten/kota, raihan kursi Demokrat memungkinkan mereka untuk mengusung calon kepala daerah sendiri.

Tim Penjaringan beranggotakan 9 orang, diketuai Arif Fadillah, dan beranggotakan Yunus Ilyas, Iqbal Farabi, Andrey Agung dan HT. Ibrahim. Selain itu ada juga M.Saleh, Iswadi Hassa, Hendri Rahmadani, dan Muzakkar A.Gani.

"Pendaftaran bakal calon kepala daerah dapat langsung menghubungi Sekretariat di Kantor DPD Partai Demokrat Aceh, Jalan Tgk Imum Lueng Bata, Kota Banda Aceh," ujar Arif.