TAPA Didesak Umumkan Besaran Anggaran PON Dikeluarkan Aceh

Koordinator MaTA, Alfian. Foto: Merza/RMOLAceh.
Koordinator MaTA, Alfian. Foto: Merza/RMOLAceh.

Koordinator Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA), Alfian, mendesak Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) mengumumkan besaran anggaran untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 dikeluarkan Aceh. Karena publik berhak tahu jumlah dana yang dikeluarkan untuk kegiatan nasional itu.


“Kita heran Sekda melarang mengurangi anggaran PON,” kata Alfian, dalam keterangan tertulis, kemarin.

Demekian ditanggapi MaTA mengkritisi surat yang dikeluarkan oleh Sekda Aceh kepada Satuan Kerja Pemerintah Aceh, tindak lanjut hasil evaluasi Rancangan Anggaran Perencanaan dan Belanja Aceh tahun anggaran 2024, tertanggal 2 Februari 2024.

Alfian sepakat Aceh berkontribusi ikut menyukseskan perhelatan olahraga empat tahunan itu. Namun, kata dia, TAPA jangan sampai memperburuk pelayanan dan ekonomi rakyat Aceh.

"Jangan sempat ada pihak yang menikmati fee atas persiapan PON sementara rakyat Aceh tertunda atas hak hak mareka. Seharusnya terpenuhi pada 2024 oleh pemeritah, " sebutnya. 

Alfian membandingkan penggunaan PON Aceh dan PON Sumut. Di mana PON Papua lebih hebat, tetapi tidak membebankan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Papua.

“Jadi jangan sampai gara gara PON berdampak buruk atas pelayan publik bagi rakyat Aceh. TAPA dan Banggar merupakan pihak yang wajib bertanggung jawab atas anggaran Aceh,” ujar Alfian.