Truk Angkutan Barang Dilarang Melintas Tol Sibanceh Selama Mudik Lebaran

Gerbang Tol Sibanceh. Foto: Hutama Karya.
Gerbang Tol Sibanceh. Foto: Hutama Karya.

PT Hutama Karya (HK) melarang truk angkutan barang dilarang untuk melintasi jalan tol Sigli- Banda Aceh (Sibanceh) selama arus mudik libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Pembatasan tersebut dimulai dari tanggal 5 April-16 April 2024.


"Sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) angkutan lebaran, ada pembatasan angkutan barang," kata Branch Manager Ruas Tol Sibanceh, Totok Masyadi, kepada Kantor Berita RMOLAceh, Rabu, 3 April 2024.

Totok menjelaskan, dalam SKB tersebut, angkutan barang yang dibatasi tersebut yaitu mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih. Sementara untuk angkutan Sembilan Bahan Pokok (Sembako),  Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Bahan Bakar Gas (BBG) tidak dibatasi.

Menurut Totok, pihaknya juga sudah mensosialisasikan terkait hal tersebut kepada pengguna jalan melalui Variable Message Sign (VMS). Dan pelaksanaannya dilakukan oleh Polisi Patroli Jalan Raya (PJR) dan petugas di gerbang tol.

"Tindakan kita memukul mundur atau melarang masuk kendaraan angkutan yang tidak sesuai dengan ketentuan," ucapnya.

Totok juga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol. Diantaranya dengan berkendara dengan kecepatan antara 60 – 100 km/jam, menjaga jarak aman dengan kendaraan didepan minimal 10-20 meter. Kemudian memastikan kendaraan tidak melebihi muatan, serta tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. 

"Untuk memperlancar transaksi di gerbang tol, menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol," jelasnya.

Disamping itu, kata Totok dalam menghadapi arus mudik libur lebaran, pihaknya telah melakukan gelar apel siaga mudik lebaran pada 28 Maret 2024. Apel melibatkan semua petugas tol, PJR dan Kamtib dan melakukan pengecekan kendaraan dan peralatan tol untuk memastikan semua berfungsi baik, stok kartu UE dan pelayanan isi ulang kartu tol di setiap gerbang tol.