Usai Insiden Keracunan Gas, Medco Tutup Sumur dan Hentikan Kegiatan

Edy Kurniawan. Foto: Fakhrurrazi.
Edy Kurniawan. Foto: Fakhrurrazi.

PT Medco E&P Malaka bersama instansi terkait fokus menangani dampak dari asap kegiatan flaring gas sumur Alur Siwah (AS-11) yang sedang dalam proses perawatan sumur.


Deputi Operasi Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) Edy Kurniawan menyampaikan, pihaknya telah berkoordinasi dengan perusahaan Medco terkait keluhan dari masyarakat yang terdampak akibat pencucian sumur AS-11.

"Jadi kegiatan flaring pada pukul 9 pagi itu ditutup, sumur juga sudah ditutup dan kita pemantauan secara terus menerus terhadap keadaan di KS-9 dan AS-11," kata Edy Kurniawan di kantor BPMA, Sabtu, 10 April 2021.

Selanjutnya, kata Edy, perusahaan kemudian sudah melakukan pengukuran H2S (Hidrogen Sulfida) dilokasi pasca penutupan itu, karena memang ada alat-alat H2S detektor yang diset 24 jam dilokasi pemantauan. 

Edy menjelaskan, sebenarnya Central Processing Plant (CPP) Medco sudah shutdown atau sudah ditutup sejak 25 Maret 2021 lalu. Sementara untuk proses flekturing, kata Edy, tujuannya ada dua sumur yang bakal dilakukan perawatan, namun baru terlaksana satu sumur yakni di AS-11.

"Jadi sejak bulan lalu sebenarnya enggak ada operation di Medco. Karena kita sedang melakukan perawatan tahunan. Jarak pemukiman warga ke sumur AS-9 itu sekitar dua kilometer," ujar Edy.

Menurut Edy, sumur dibuka pada pukul 00.40 WIB, pada saat pembukaan sumur itu masih keluar berupa cairan dan gell hasil dari proses flakturing. Prosesnya dari liquit ini dan gas dari sumur itu akan menuju flering setelah melewati weltes separator. 

"Jadi memang sudah ada alat-alat yang diset oleh weltes disana untuk memantau proses flering ini biar terjadi sesuai prosedur," kata Edy.

Lebih lanjut Edy berharap masyarakat yang terdampak dari proses flering tersebut bisa tenang, karena secara teknis pada pukul 09.00 WIB kegiatan flaring sudah berhenti total semua. 

"Jadi tidak flo tidak ada H2S dari sumur, tidak ada gas yang keluar dari setiap sumur bukan hanya AS-11 saja tapi juga AS-9. Semua sumur di Alur Siwah sudah shut in," jelasnya.