Vaksinasi Jadi Solusi Kelesuan Pariwisata Aceh

Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Foto: net.
Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Foto: net.

Gubernur Aceh Nova Iriansyah berharap pariwisata di Aceh akan kembali tumbuh seiring dengan pertambahan jumlah penduduk yang menerima vaksin. Dia berharap para pelaku wisata menyiapkan diri dengan aktif melakukan vaksinasi.


“Vaksin adalah game changer kita dalam melawan pandemi Covid-19 ini,” kata Nova, Ahad, 11 Juli 2021.

Pemerintah Aceh, kata Nova, terus mendorong agar pelaksanaan vaksinasi ini dapat berjalan dengan lancar dan diikuti oleh seluruh masyarakat Aceh. Dengan vaksinasi, maka akan terbentuk kekebalan komunal yang mendorong dibukanya semua sektor yang selama ini terhambat karena penyebaran corona.

Keterlibatan aparat kepolisian dan TNI, kata Nova, dalam proses vaksinasi ini juga sangat membantu. Dua lembaga itu secara aktif menggelar vaksinasi dan mengajak masyarakat untuk mau divaksin.

Nova mengatakan sektor pariwisata adalah salah satu sektor yang paling terdampak Covid-19. Dalam setahun terakhir, jumlah kunjungan wisatawan ke Aceh anjlok. Tingkat hunian di hotel-hotel juga menurun. 

Lewat vaksinasi, Nova berharap sektor ini dapat kembali bergairah. Seluruh tenaga kerja dapat kembali dipekerjakan. Demikian juga industri kecil dan menengah yang menjadi penyokong pergerakan laju pariwisata Aceh.