Wulan Guritno Jadi Pusat Perhatian Pada Pembukaan Tour de Aceh Etape II

Wulan Guritno di Museum Aceh. Foto: AJNN/Immatunnisa Farha.
Wulan Guritno di Museum Aceh. Foto: AJNN/Immatunnisa Farha.

Artis Wulan Guritno menjadi pusat perhatian pada pembukaan Tour de Aceh Etape II. Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah, ini dimulai di Museum Aceh.


Wulan berada pada barisan terdepan. Ini adalah etape kedua setelah etape pertama yang digelar di Aceh Tengah dengan rute melintasi sekitar 50 kilometer aspal hitam di pinggiran Danau Laut Tawar. 

Kegiatan ini merupakan satu dari 101 even khasanah Piasan Nanggroe. Acara ini dilaksanakan pada 14-16 Mei 2022. 

Kepala Disbudpar Aceh, Jamaluddin, mengatakan Tour de Aceh Etape II ini bukan sekadar balap sepeda saja. Jamaluddin mengatakan ini merupakan wisata olahraga untuk memperkenalkan Aceh dan mempromosikan pariwisata Aceh.   

"Ini merupakan bagian dari upaya kita mengenalkan Aceh kepada masyarakat, khususnya pecinta sepeda," kata Jamaluddin di Banda Aceh, Senin, 16 Mei 2022. Jamaluddin mengatakan Pemerintah Aceh menerapkan tiga hal penting dalam membangun pariwisata Aceh, yakni aksesibilitas, amenitas dan atraksi.  

Sekda Aceh, Taqwallah, dalam kesempatan itu berterima kasih atas partisipasi seluruh peserta Tour de Aceh Etape II. Dia berharap seluruh peserta dapat menempuh jarak 80 kilometer. 

“Bagi teman-teman peserta dari luar, terima kasih atas partisipasinya untuk mengikuti sehingga diizinkan berangkat kembali kepada periode berikutnya,” kata Taqwallah.   

Tour de Aceh Etape II diikuti oleh peserta dari berbagai daerah, baik di Aceh maupun luar Aceh. Anja, seorang peserta dari Jakarta, mengatakan Sabtu lalu dia ikut meramaikan touring di sekitar Danau Laut Tawar. Hari ini, dari Museum Tsunami, mereka menuju Lhok Seudu dan kembali ke Museum Aceh.   

"Ini adalah kegiatan yang sangat bagus untuk mempromosikan parwisata di Aceh,” kata Anja. “Sebab di Aceh banyak pariwisata yang bagus-bagus dan belum terekspos. Takengon, Sabang, dan banyak lagi.”